6 Potret Kocak Saat Cosplay Power Ranger ini Bikin Tepuk Jidat

Cosplay bukan hal baru lagi di kalangan masyarakat. Sudah banyak yang mengenal cosplay sebagai permainan kostum dengan mengubah penampilan agar mirip dengan anime atau sosok selebritis terkenal. Wajar apabila permainan kostum dari Jepang ini mulai banyak yang mengikuti.














Pengertian Kredit, Fungsi, Unsur, Macam, Prinsip, Definisi Kredit Menurut Para Ahli

Pengertian Kredit mempunyai dimensi yang beraneka ragam, dimulai dari arti kata kredit yang berasal dari bahasa Yunani  credere yang berarti kepercayaan akan kebenaran dalam praktek sehari – hari . Pengertian Kredit adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu pembelian atau mengadakan suatu pinjaman dengan suatu janji, pembayaran akan dilaksanakan pada jangka waktu yang telah disepakati . (Astiko, Manajemen Perkreditan ( Yogyakarta : andi Offset, 1996 ), hal 5) Pengertian kredit yang lebih mapan untuk kegiatan perbankan di Indonesia telah dirumuskan dalam Undang – Undang Pokok Perbankan No. 7 Tahun 1992 yang menyatakan bahwa kriteria adalah penyediaan uang / tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan / kesepakatan pinjam meminjam antara pihak bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melaksanakan dengan jumlah bunga sebagai imbalan. Dalam praktek sehari – hari pinjaman kredit dinyatakan dalam bentuk perjanjian tertulis baik dibawah tangan maupun secara materiil. Dan sebagai jaminan pengaman, pihak peminjam akan memenuhi kewajiban dan menyerahkan jaminan baik bersifat kebendaan maupun bukan kebendaan. Sebenarnya sasaran kredit pokok dalam penyediaan pinjaman tersebut bersifat penyediaan suatu modal sebagai alat untuk melaksanakan kegiatan usahanya sehingga kredit ( dana bank ) yang diberikan tersebut tidak lebih dari pokok produksi semata. (Teguh P. Mulyono, Manajemen Perkreditan Komersil ( Yogyakarta : BPFE, 1987 ), hal. 37)

Prinsip – Prinsip Kredit

Untuk mendapatkan kredit harus melalui prosedur yang telah ditentukan oleh bank / lembaga keuangan. Agar kegiatan pelaksanaan perkreditan dapat berjalan  dengan sehat dan layak, dikenal dengan 6 C yaitu :
  • Character ( kepribadian / Watak )
Character adalah tabiat serta kemauan dari pemohon untuk memenuhi kewajiban yang telah dijanjikan. Yang diteliti adalah sifat – sifat, kebiasaan, kepribadian, gaya hidup dan keadaan keluarga.
  • Capacity ( kemampuan )
Capacity adalah kesanggupan pemohon untuk melunasi kewajiban dari kegiatan usaha yang dilakukan atau kegiatan yang ditinjau dengan kredit dari bank. Jadi maksud dari penilaian kredit terhadap capacity ini untuk menilai sampai dimana hasil usaha yang diperolehnya akan mampu untuk melunasinya pada waktunya sesuai dengan perjanjian kredit yang telah disepakati.
  • Capital ( modal )
Capital adalah modal yang dimiliki calon debitur pada saat mereka mengajukan permohonan kredit pada bank.
  • Collateral ( jaminan )
Collateral adalah barang – barang yang diserahkan pada bank oleh peminjan atau debitur sebagai jaminan atas kredit yang diberikan. Barang jaminan diperlukan agar kredit tidak mengandung resiko.
  • Condition of Economic ( kondisi ekonomi )
Condition of Economic adalah situasi dan kondisi, sosial, ekonomi, budaya dan lainnya yang mempengaruhi keadaan perekonomian pada suatu saat maupun untuk satu kurun waktu tertentu yang kemungkinannya akan dapat mempengaruhi kelancaran usaha dari perusahaan yang memperoleh kredit.
  • Constrain ( batasan atau hambatan )
Dalam penilaian debitur dipengaruhi oleh hambatan yang tidak memungkinkan sesorang melakukan usaha di suatu tempat. Disamping formula 6 C di atas, masih ada prinsip kredit yang disebut 4 P, yaitu :
  • Personality
Personality yaitu penilaian bank tentang kepribadian peminjam seperti riwayat hidup, hobinya, keadaan keluarga ( istri / anak ), social standing ( pergaulan dalam masyarakat serta bagaimana masyarakat tentang diri si peminjam dan sebagainya ).
  • Purpose
Bank dalam menilai si peminjam mencari dara tentang tujuan atau keperluan penggunaan kredit, dan apakah tujuan penggunaan kredit itu sesuai dengan line of business kredit bak bersangkutan.
  • Payment
Untuk mengetahui kemampuan debitur dalam mengembalikan pinjaman. Hal ini dapat diperoleh dari perhitungan tentan prospek kelancaran penjualan dan pendapatan sehingga dapat diperkirakan kemampuan pengembalian pinjaman ditinjau dari waktu jumlahnya.
  • Prospect
Prospect yaitu harapan usaha di masa yang akan datang dari calon debitur. Ini dapat diketahui dari perkembangan usaha si peminjam selama beberapa bulan atau tahun, perkembangan – perkembangan keadaan ekonomi atau usaha perdagangan sektor usaha debitor, kekuatan keuangan perusahaan yang dilihat dari earning power ( kekuatan pendapatan / keuntungan ) di masa lalu dan perkiraan masa akan datang.

Macam – macam Kredit

Untuk membedakan kredit menurut faktor – faktor dan unsur – unsur yang ada dalam pengertian kredit, maka perbedaan kredit dapat dibedakan atas dasar :
  • Sifat penggunaan kredit
Kredit Konsumtif adalah kredit yang digunakan untuk keperluan konsumsi atau uang akan habis terpakai untuk memenuhi kebutuhannya. Kredit Produktif adalah kredit yang digunakan untuk peningkatan usaha, baik usaha – usaha produksi, perdagangan maupun investasi.
  • Keperluan kredit

1)    Kredit produksi / ekploitasi

Kredit ini diperlukan perusahaan untuk meningkatkan produksi baik peningkatan kuantitatif yaitu jumlah hasil produksi maupun peningkatan kualitatif yaitu peningkatan kuantitas atau mutu hasil produksi.

2)    Kredit Perdagangan

Kredit ini dipergunakan untuk keperluan perdagangn pada umumnya yang berarti peningkatan utility of place saru suatu barang, barang – barang yang diperdagangkan ini juga diperlukan bagi industri.

3)    Kredit Investasi

Kredit yang diberikan kepada para pengusaha untuk investasi, berarti untuk penambahan modal dan kredit bukan untuk keperluan perbaikan ataupun penambahan barang modal atau fasilitas – fasilitas yang erat hubungannya dengan itu. Misalnya untuk membangun pabrik, membeli / mengganti mesin – mesin dan sebagainya.

Kredit Menurut Cara Pemakaian

1)    Kredit rekening Koran bebas

Debitur menerima seluruh kreditnya dalam bentuk rekening koran kepadanya diberikan blangko cheque dan rekening koran pinjamannya diisi menurut besarnya kredit yang diberikan, debitur bebas melakukan penarikan selama kredit berjalan.

 2)    Kredit rekening Koran terbatas

Sistem ini adanya perbatasan tertentu bagi nasabah dalam melakukan penarikan uang rekeningya, seperti pemberian kredit dengan uang giral dan perubahannya menjadi uang chartal dilakukan berangsur – angsur.

3)    Kredit rekening Koran aflopend

Penarikan kredit dilakukan dalam arti maksimum kredit pada waktu penarikan pertamalah sepeuhnya dipergunakan oleh nasabah.

4)    Revolving credit

Sistem penarikan kredit sama dengan cara rekening Koran bebas dengan masa penggunaan satu tahun, akan tetapi cara pemakaiannya berbeda.

5)    Term Loans

Dalam sistem ini penggunaan dan pemakaian kredit sangat fleksibel artinya nasabah bebas menggunakan uang kredit untuk keperluan apa saja dan bank tidak mau tentang hal itu.
  • Kredit menurut Jaminan
Kredit ini pada umumnya ada dua yaitu : Unsecured Loans ( kredit tanpa jaminan ) sering juga disebut kredit blangko. Secured Loans Jenis inilah yang digunakan oleh kebanyakan bank di Indonesia yaitu memberikan kredit jaminan. Jaminan kredit dapat berupa tanah, rumah, pabrik dan atau mesin – mesin pabrik, perusahaan serta surat berharga. Jangka Waktu Kredit Perbedaan jangka waktu kredit menurut peraturan Bank Indonesia adalah sebagai berikut : Kredit jangka pendek, yaitu kredit yang berjangka waktu selama – lamanya satu tahun. Jadi pemakaiannya tidak melebihi satu tahun. Kredit jangka menengah, yaitu kredit yang jangka waktunya antara satu sampai tiga tahun. Kredit jangka panjang, yaitu kredit yang jangka waktunya lebih dari tiga tahun.

Tujuan dan Fungsi Kredit

Tujuan kredit mencakup scope yang luas. Fungsi pokok yang saling berkaitan dari kredit adalah sebagai berikut : Profitability: Proftability ini bertujuan untuk memperoleh hasil dari kredit berupa keuntungan yang diteguk dari pemungutan bunga. Safety: Safety adalah keamanan dari prestasi atau fasilitas yang diberikan harus benar – benar terjamin sehingga profitability dapat benar – benar tercapai tanpa hambatan yang berarti. Sedangkan Fungsi kredit adalah menyalurkan dana – dana yang dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk itu fungsi kredit dalam kehidupan perekonomian adalah sebagai berikut :
  • Kredit dapat meningkatkan daya guna daru modal
Artinya bahwa para pedagang kecil dapat menikmati kredit bank melalui PD. BPR BKK Purwodadi Cabang Kedungjati untuk memperluas usahanya, mengembangkan usaha dan kesempatan untuk berusaha.
  • Kredit dapat meningkatkan daya guna suatu barang
Dengan bantuan kredit dari PD. BPR BKK Purwodadi Cabang Kedungjati tersebut maka para pedagang kecil dapat memproduksi bahan mentah menjadi bahan jadi, berarti daya guna dari bahan tersebut.
  • Kredit sebagai alat stabilitas ekonomi
Bahwa dalam menghadapi keadaan perekonomian yang kurang sehat, maka kredit dapat sebagai alat stabilitas ekonomi misalnya dalam usaha pengendalian inflasi, peningkatan ekspor serta pemenuhan kebutuhan pokok rakyat.
  • Kredit sebagai jembatan untuk meningkatkan pendapatan nasional
Bantuan kredit digunakan para usahawan untuk memperbesar volume usaha produksinya. Peningkatan usaha nantinya diharapkan akan meningkatkan profit. Bila keuntungan secara kumulatif dikembangkan lagi dalam arti kata dikembalikan ke dalam struktur permodalan, maka peningkatan akan berlangsung terus menerus dan akibatnya pendapatan terus meningkat.

Kredit Multiguna : Keunggulan dan Jenis-Jenisnya

Pada dasarnya ada 2 jenis pinjaman, yang pertama pinjaman tanpa jaminan atau yang lebih dikenal dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Pinjaman ini sangat populer dikalangan masyarakat, karena prosesnya cepat dan tidak memerlukan jaminan. Pinjaman yang kedua adalah kredit multiguna atau pinjaman dengan jaminan berupa aset berharga nasabah, misalnya: sertifikat rumah dan BPKB kendaraan bermotor, namun pinjaman ini tidak sepopuler KTA. Seperti dikutip dari kamus Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pinjaman dengan jaminan adalah pinjaman dengan jaminan kekayaan peminjam, baik berupa aktiva lancar maupun aktiva tetap, apabila peminjam tidak mampu membayar kembali pinjaman, jaminan tersebut akan dijual oleh pihak pemberi pinjaman. Inilah yang menyebabkan orang lebih memilih KTA, karena proses pencairannya tidak rumit dan nasabah tidak perlu memikirkan jaminan. Padahal pinjaman dengan jaminan mempunyai keunggulan, yaitu bunga yang dibebankan lebih rendah daripada KTA. Pencairannya tidak terlalu rumit, tapi prosesnya memang sedikit lebih panjang dari KTA.

Apa Itu Kredit Multi Guna?

Kredit Multi Guna adalah kredit yang diberikan kepada masyarakat untuk berbagai kebutuhan konsumtif harian dan pengembangan usaha bagi para professional dengan jaminan tanah atau rumah. Layanan ini diberikan kepada pegawai tetap yang telah bekerja minimal 2 tahun dan masih memiliki masa kerja 1 tahun ketika pinjaman jatuh tempo. Kagum dapat diperoleh di perusahaan atau instansi yang telah bekerjasama dengan Pegadaian untuk membangun rumah, sekolah, pengobatan dan sebagainya. Calon nasabah wajib menyerahkan Surat Keterangan Pengangkatan dan Surat Keterangan Pangkat (Jabatan), serta melampirkan slip gaji. Pembayaran angsuran langsung dengan system potong gaji. Pinjaman yang diberikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tergantung dari nilai taksir jaminan, kebijakan internal pegadaian dan profil keuangan calon nasabah. Produk layanan kredit dengan jaminan mudah ditemukan, terutama di bank. Anda wajib pahami layanan ini sebelum mengajukan permohonan pinjaman dengan jaminan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Keunggulan Dari Kredit Multiguna

Ada beberapa keunggulan dari Kredit Multiguna yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mengambilnya. Ini dia:
  1. Limit Pinjaman Tinggi, Bisa Sampai Miliaran

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu keunggulan Kredit Multiguna adalah memiliki limit pinjaman tinggi. Kenapa bisa begitu? Salah satu alasannya karena dia membutuhkan jaminan aset sebagai syaratnya. Dengan begitu, risiko bank untuk merugi akibat nasabah mengalami gagal bayar akan lebih kecil dibandingkan Kredit Tanpa Agunan. Sebagai contoh, Anda mau meminjaman dana Rp 1 miliar untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa menyerahkan surat rumah atau tanah yang bernilai sama dengan permintaan dana sebagai jaminan kepada bank. Bila Anda bisa melakukannya, ada kemungkinan bank akan mau mencairkan dana yang dibutuhkan ituu.
  1. Masa Tenor Lebih Panjang, Bisa Lebih Dari 5 Tahun

Dengan limit pinjaman yang tinggi, ada kemungkinan kemampuan Anda untuk membayar utang akan semakin panjang. Dengan permasalahan itu, sekarang sejumlah bank memberikan layanan Kredit Multiguna dengan masa tenor sampai 10 tahun, bahkan lebih. Keunggulan kedua ini bertolak belakang dengan Kredit Tanpa Agunan yang rata-rata hanya memberi waktu pelunasan sampai 3 tahun saja. Namun, Anda harus ingat, selama apapun masa tenor. Kalau tidak bisa dilunasi ya percuma saja.
  1. Pemakaian Lebih Fleksibel, Bisa Untuk Konsumsi dan Lainnya

Keunggulan Kredit Multiguna yang lain adalah bisa dipakai untuk beragam keperluan. Tidak seperti Kredit Tanpa Agunan, yang terkadang hanya bisa dipakai untuk tujuan konsumtif. Kredit Multiguna bisa digunakan untuk beragam tujuan, mulai dari konsumtif sampai bisnis. Maklum, namanya saja sudah Multiguna, pasti penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jenis Pinjaman Kredit Multiguna

Ada beberapa jenis dari kredit multiguna yang bisa Anda manfaatkan. Apa saja? Berikut ini adalah daftarnya.
  1. Kredit Kendaraan Bermotor

Bagi Anda yang pernah membeli motor dengan cara kredit, pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan kredit menggunakan jaminan. Jaminan yang dimaksud adalah BPKB motor yang disimpan leasing. Pembeli harus mengangsur motor yang dibeli setiap bulannya, sesuai dengan kesepakatan awal yang dibuat kedua belah pihak. Aturan yang ditetapkan adalah angsuran harus dilunasi dulu, baru BPKB diserahkan ke nasabah. Apabila terlambat membayar angsuran, dikenakan denda dan apabila nasabah tidak mampu melunasi, motor akan ditarik oleh leasing. Namun tidak perlu khawatir, karena leasing tidak bisa sembarangan menarik motor. Ada aturan pemerintah tentang jaminan fidusia, yang berisi tentang jaminan atas pinjaman adalah milik peminjam yang dipercayakan untuk dipegang oleh pihak yang meminjami sampai lunas. Artinya BPKB dan kendaraan adalah milik orang yang mengkredit. Apabila terjadi gagal bayar, harus diselesaikan secara hukum. Berarti leasing melanggar hukum dan bisa dipidanakan, jika tetap menarik motor secara sepihak.
  1. Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), merupakan kredit yang paling diminati oleh orang yang sudah berkeluarga, tetapi belum memiliki tempat tinggal tetap. Pada prinsipnya KPR dan KPA sama, hanya berbeda obyeknya saja, KPR untuk Rumah dan KPA untuk Apartemen, bahkan persyaratan yang ditetapkan juga sama. Jika ikut KPR, berarti nasabah memberikan surat hak milik hunian sebagai jaminan sampai lunas. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran, ada sanksi yang yang harus diterima. Bahkan akan terjadi sita bank, bila tidak mampu melunasi
  1. Kredit Usaha

Kredit usaha biasanya ditujukan untuk mendirikan usaha atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Jaminan yang digunakan bisa ditentukan sendiri oleh peminjam, asalkan jumlahnya tidak melebihi nilai taksir jaminan. Misalkan yang dijadikan jaminan adalah rumah yang ditaksir bernilai 500 juta, maka jangan mengajukan pinjaman 1 milliar. Sebaiknya pengajuan pinjaman disesuaikan dengan jumlah kebutuhan, jangan melebihi kebutuhan agar tidak terlalu berat angsuran per bulannya. Misalkan Anda membutuhkan tambahan dana sebesar 200 juta untuk mengembangkan usaha. Sedangkan rumah ditaksir 500 juta, sebaiknya tetap mengajukan pinjaman sebesar 200 juta. Ingat semakin besar pinjaman, semakin berat juga beban angsuran yang harus dibayar setiap bulannya. Aset yang dijadikan jaminan akan dinilai oleh bank, untuk ditentukan apakah menyetujui atau menolak pengajuan pinjaman. Jika  pengajuan pinjaman disetujui, dana akan dicairkan. Jika sampai terjadi kredit macet, asset akan di sita bank. Kemudian aset tersebut akan dilelang sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk menutupi pinjaman nasabah yang belum lunas.
  1. Pegadaian

Pegadaian adalah salah satu perusahaan berplat merah pemerintah, yang menyediakan jasa pinjaman uang dengan jaminan aset yang dimiliki. Adapun asset yang dapat digunakan sebagai jaminan di pegadaian antara lain: sertifikat rumah, BPKB kendaraan bermotor , laptop, Emas dan barang berharga lainnya.
Pegadaian mempunyai 5 jenis jasa layanan khusus buat pelaku usaha:
Kredit Angsuran Fidusia (KREASI)
Pegadaian KREASI (Pegadaian Angsuran Fidusia) adalah pinjaman yang diberikan khusus kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya dengan skema penjaminan fidusia. Kredit KREASI merupakan modifikasi dari produk lama yang dahulu dikenal sebagai Kredit Kelayakan Usaha Pegadaian. Pinjaman KREASI mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya: kendaraan bermotor masih bisa digunakan untuk usaha, karena yang dijadikan jaminan hanya BPKB asli. Pinjaman yang diberikan cukup besar antara 3 juta sampai dengan 200 juta, namun syarat minimal operasional usaha sudah berusia setahun.
Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai (KRASIDA)
Produk KRASIDA mirip dengan KREASI, namun mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan KREASI, diantaranya: jaminan boleh Emas, bukan hanya BPKB kendaraan bermotor. Pinjaman yang diberikan bisa mencapai 250 juta, dan syarat jangka waktu minimal operasional tidak ada.
Amanah
Produk Amanah adalah layanan kredit kendaraan bermotor yang berdasarkan prinsip syariah. Baik pegawai swasta maupun pegawai negeri bisa mengakses layanan ini.
Arrum
Pegadaian ARRUM, yaitu produk pegadaian yang sesuai prinsip syariah khusus untuk pengusaha mikro dan kecil untuk mengembangkan usaha. System peminjamannya hampir sama dengan pinjaman KREASI, dimana yang menjadi jaminan hanya BPKB asli, sedangkan kendaraan bermotor masih bisa digunakan untuk usaha.

0 Response to "6 Potret Kocak Saat Cosplay Power Ranger ini Bikin Tepuk Jidat"

Posting Komentar